Senin, 12 Juli 2010

Obat dikaitkan dengan katarak

Dengan Myers Rachael Lowe
NEW YORK (Reuters Health) – Kabar buruk: Umumnya dikenal obat yang dipakai untuk membuat orang lebih sensitif terhadap sinar matahari sedikit dapat meningkatkan resiko dari jenis  katarak tertentu, menurut sebuah studi baru.
Kabar baik: Makan makanan yang sehat sarat dengan buah-buahan dan sayuran dapat menunda perkembangan katarak, menurut penelitian lain keluar minggu ini.
Katarak, di mana lensa yang jelas menjadi mendung, adalah penyebab utama kebutaan. Lebih dari separuh dari semua berusia 75 atau lebih tua Amerika memiliki katarak atau telah menjalani operasi katarak. Gejala pertama mungkin kesulitan melihat pada malam hari yang diikuti oleh semakin kabur dan redup visi.
Sebelumnya penelitian oleh Dr Barbara Klein dan koleganya telah menunjukkan bahwa beberapa “matahari sensitasi” obat dapat dihubungkan dengan katarak pada pria.Untuk melihat apakah ini benar pada semua orang, University of Wisconsin School of Medicine spesialis mata dan rekan-rekannya menganalisis rekam medis 2119 pasien diikuti lebih dari 15 tahun.
Mereka menemukan bahwa untuk berbagai tingkat paparan sinar matahari, orang yang menggunakan sejumlah obat-obatan termasuk naproxen obat penghilang rasa sakit, yang glyburide obat diabetes, antibiotik siprofloksasin, yang amitriptyline antidepresan, dan obat tekanan darah hidroklorotiazid memiliki sekitar 26 persen kesempatan mengembangkan kondisi yang dikenal sebagai katarak kortikal.
Bahwa dibandingkan dengan sekitar 22 persen dari mereka yang tidak menggunakan obat-obat ini, mereka melaporkan dalam edisi Agustus dari Archives of Ophthalmology. Obat tidak terikat pada dua jenis katarak.
Namun, Klein enggan untuk membuat terlalu banyak hasil. “Saya tidak ingin menakut-nakuti celana dari orang-orang,” katanya kepada Reuters Kesehatan ketika ditanya apakah peringatan diperlukan data tentang risiko katarak dengan penggunaan obat-obatan dan paparan sinar matahari.
Banyak penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk teliti mengukur dosis obat dan durasi dan eksposur Ming sebelum kesimpulan yang pasti bisa ditarik, dia mengingatkan.
Dalam penelitian lainnya, Julie kuda, dari University of Wisconsin di Madison, dan rekan ingin tahu apakah makan makanan yang sehat dapat melindungi terhadap pembentukan katarak. “Tidak ada sejauh ini telah ditemukan yang dapat mencegah katarak, mereka adalah konsekuensi alami dari penuaan,” kata kuda Reuters Health.
Menunda katarak pada populasi yang semakin menua bisa mengurangi beban yang signifikan pada sistem kesehatan, kuda dan rekan menulis dalam edisi Juni Archives of Ophthalmology setelah menemukan pola makan yang sehat dapat menunda katarak minimal 2 dan setengah tahun.
Sementara risiko terbesar untuk mendapatkan katarak semakin tua, merokok adalah “yang paling umum dimodifikasi” faktor risiko yang dilaporkan dalam studi populasi.Paparan sinar matahari dan diet miskin juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko, tetapi penelitian sebelumnya pada diet biasanya berfokus pada sejumlah vitamin atau mineral pada suatu waktu.
Para peneliti menganalisis data dari 1.808 wanita yang mengikuti kuliah di Women’s Health Initiative observasi Studi hubungan antara makan makanan yang sehat dan perkembangan katarak.
Para wanita, semua pertanyaan dijawab berusia 50-79, tentang diet mereka, menggunakan suplemen, merokok, olahraga, dan perilaku lainnya. Mereka juga menjalani pemeriksaan mata.
Katarak yang umum pada wanita dan terjadi lebih sering saat mereka tua. Secara keseluruhan, 41 persen wanita (736) memiliki bukti katarak parah cukup untuk menjamin operasi di setidaknya satu mata atau melaporkan telah menjalani operasi katarak.
Setelah mengambil usia, merokok, dan faktor lain ke account, peneliti menemukan bahwa wanita yang makan diet tertinggi dalam buah-buahan dan sayuran dan terendah pada lemak memiliki resiko 37 persen lebih rendah dari katarak dibandingkan perempuan dalam studi yang makan makanan kurang sehat.
Dengan ukuran lain, “jika Anda mengambil dua perempuan pada usia yang sama, wanita dengan skor terendah diet sehat akan sekitar 1 setengah kali lebih mungkin untuk memiliki katarak pada setiap usia tertentu,” kata kuda.
Para penulis menyimpulkan bahwa diet yang sehat bersama dengan menghindari obesitas dan merokok “substansial dapat menurunkan kebutuhan dan beban ekonomi operasi katarak pada wanita Amerika penuaan.”
Penelitian ini tidak secara langsung membuktikan sebab dan akibat, “tetapi begitu banyak anak panah titik dalam arah ini bahwa kadang-kadang kita tidak perlu uji klinis untuk memukul kami atas kepala untuk menunjukkan bahwa perubahan kecil yang kita lakukan setiap hari-hari dapat memiliki dampak besar pada kesehatan kita di masa mendatang, “kata kuda.
The “lebih dari setengah” dari Amerika yang memiliki katarak atau telah menjalani operasi untuk mereka “mungkin dipotong menjadi sekitar 40% – atau 40 lebih dari 50 dari setiap 100 orang Amerika – jika orang-orang dari kita dengan yang lebih miskin dari rata-rata diet makan diet sehat ; dan memotong lebih lanjut lagi jika kita tidak merokok, “kata kuda.
Meskipun studinya keterbatasan obat dan sinar matahari, penelitian lain menemukan bahwa diet dapat mencegah beberapa katarak adalah “menarik,” kata Klein.
“Apa yang dapat Anda lakukan untuk menunda meletakkan pisau di mata seseorang adalah hal yang baik,” kata Klein.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar