Senin, 14 Juni 2010

KIAT-KIAT MENGHADAPI STRESS

Tahun ini mungkin saja tahun yang sangat menentukan jenjang karir anda, melakukan pekerjaan berjam-jam seharian demi mencapai target yang diinginkan. Bisa jadi segala target tersebut justru memicu anda terserang stress. Hal tersebut tidak hanya dirasakan oleh satu dua orang saja, tapi juga dirasakan oleh hampir semua orang di muka bumi. Tahukah anda, bahwa segala target tersebut dapat dicapai tanpa harus merasakan stress yang berlebihan. Semua itu ada kiat khususnya, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :
#1. Buang Penyakit Hati
Macam penyakit hati diantaranya, sombong, iri, dengki, dendam. Kesemuanya itu harus bisa anda hapus dari dalam diri anda. Sebab penyakit hati lebih sukar disembuhkan. Karena bisa bercokol lama dan mempengaruhi kejiwaan anda. Jika menemukan seseorang yang lebih dari anda, jangan langsung mencemburuinya. Lihatlah dari sisi positif. Anda bisa mengambil kebaikan dari orang tersebut, mempelajari sesuatu yang bisa membuat orang itu lebih pandai, dan anda mulai praktikan pada diri anda. Secara tidak langsung anda menghargai orang lain, juga menghargai kesehatan hati anda.
#2. Kendalikan Keinginan.
Semakin kuat keinginan, ancaman stress semakin besar. Karenanya, kendalikan setiap keinginan. Bukan berarti tidak boleh mempunyai tekad kuat mencapai sesuatu. Hanya saja kadangkala kita tidak seimbang memposisikan diri dalam mengejar cita-cita. Lunakkan keinginan sehingga akhirnya bisa dicapai dan menjadi kenyataan.
#3. Kenali kemampuan dan potensi diri dengan baik.
Seseorang akan menjadi lebih bahagia bila mengetahui bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu yang berguna, baik bagi dirinya maupun bagi orang lain. Ingatlah bahwa Allah menciptakan kita dengan sebaik-baik bentuk.
Yakinlah bahwa setiap orang punya tugas dan kewajiban masing-masing di muka bumi ini dan untuk itu ia diciptakan dengan segala kelebihan yang dimilikinya, yang belum tentu dimiliki oleh orang lain.
#4. Berpikir positif.
Tanamkan di fikiran anda, Positive In, Negative Out. Berhenti mencari kesalahan orang lain dan buatlah perubahan yang penting dilakukan pada diri sendiri. Melihat segala sesuatu itu harus dari sisi baiknya. Jangan terus menerus memikirkan sisi negatifnya.
#5. Menambah Teman Baru
Dengan berbagi hal baru kepada teman baru maka anda akan dipancing untuk lebih ceria dan bersemangat. Melakukan pembicaraan yang lain dan berbeda mempengaruhi suasana hati anda. Dengan sendirinya anda akan meninggalkan suasana hati dan pikiran anda yang sedang kacau. Hindari membicarakan masalah, teman baru adalah hal yang menyenangkan dan berbeda.
#6. Menjadikan Lamunan Sebagai Penyemangat
Anda yanag sedang berusaha mengingat-ingat sesuatu yang baru saja terjadi. Pilih suatu kejadian yang bernilai positif di mata anda dan terus ingat-ingat kejadian itu. Pancing pikiran anda untuk menemukan ide-ide baru yang positif dan bisa membuat anda kembali bersemangat dan tersenyum.
#7. Lihatlah Pandangan Orang Lain
Menanyakan pendapat orang lain tentang sesuatu juga menimbulkan reaksi pemikiran baru yang efektif. Pendapat orang lain yang berbeda-beda bisa membuat anda mengetahui bahwa ternyata semua hal tidak serumit yang anda kira. Dan anda bisa menyadari apa-apa yang menurut orang kecil, justru terlihat luar biasa di mata orang lain. Begitu pula sebaliknya. Tapi, batasi pandangan untuk hal-hal positif, kritik yang membangun serta masukan sehat. Jangan sampai anda terpancing dengan pandangan yang meragukan anda, yang justru menambah anda stress.
Dengan beberapa langkah-langkah di atas, semoga dapat menurunkan resiko stress yang dapat menyerang anda kapan aja dan dimana saja. Semoga Allah selalu melindungi kita semua dari hal-hal yang tidak baik. (dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar