Minggu, 28 Februari 2010

MENJAGA KESEHATAN PENCERNAAN ANDA

b_w_menjaga.jpg
Makanan yang kita makan sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan kita. Secara tradisional China prinsip utama adalah makan secara teratur pada waktu tertentu. Seringkali kita makan , saat tubuh kita sama sekali tidak membutuhkannya, saat pencernaan kita tidak mempunyai cukup asam lambung untuk mencerna makanan. Jadinya makanan tidak tercena dengan baik . Pengalaman menunjukkan bahwa makan yang tidak teratur menimbulkan berbagai masalah pencernaan.
 Beberapa saran berikut , dapat anda terapkan untuk menjaga kesehatan pencernaan anda :
 1.Janganlah makan berlebih, hal ini dapat membantu pencernaan anda agar mampu mencerna seluruh makanan dengan baik
2. Jangan mengunyah makanan terlalu cepat , karena hal ini tidak memberikan kesempatan pencernaan anda cukup waktu untuk mencerna
3. Hindari makan di tengah malam. Karena hal ini membuat tubuh menggunakan energi Yin ( karena malam yang bekerja adalah energi Yin ) , dan makanan tidak diproses lagi saat malam.
4. Diet yang berlebihan mengakibatkan kelemahan pada pencernaan dan limfa anda.
5. Makan saat berjalan atau berdiri tidak dianjurkan , karena akan mengakibatkan sumbatan energi pencernaan anda.
6. Makan saat stress atau kuatir , sangatlah tidak baik karena dapat menyebabkan nyeri perut dan mual. Begitu juga dengan makan saat marah .
Bila anda sering menderita kelainan pencernaan dapat disediakan di rumah anda , beberapa sediaan berikut : minuman yang berisi lactobacillus ( banyak tersedia di supermarket ), peppermint, chamomile dan teh herbal jahe. Beberapa makanan menurut pengobatan China yang dapat menguatkan pencernaan anda :
1. Padi-padian
2. Kentang manis, dikatakan dapat memperkuat organ dalam dan menguatkan energi tubuh, ubi rambat,
3. labu kuning mempunyai kandungan tinggi berbagai mineral dan vitamin , termasuk vitamin A, Kalsium, Kalium, magnesium dan fosfor.

Posisi duduk dan bekerja berlebihan dapat melemahkan meridian limfa dan pencernaan. Jalan pagi secara teratur dapat membantu pencernaan . Anda dapat juga mencoba latihan Peregangan terhadap meridian limpa dan usus/pencernaan . Peregangan ini dilakukan dengan posisi lutut menekuk dan badan kepala menengadah ke belakang ( mata menghadap langit-langit ) dan ditumpu dengan tangan menahan dilantai . Tetaplah tulang belakang anda meregang. Hiruplah udara dan tumpukan berat badan anda pada kedua tangan anda. Hembuskan nafas anda perlahan , jatuhkan kepala anda kebelakang dan selalu dalam keadaan rileks. Pastikan otot –otot anda menjadi hangat setelah melakukan peregangan selama 10 menit. Saat anda melakukan pertama-tama mungkin akan sulit, setelah seminggu sampai sebulan anda akan terbiasa untuk melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar